MENYUSUN RENCANA TINDAKAN (ACTION PLAN)

Sebuah rencana operasional jangka pendek (rencana tahunan) yang pada hakekatnya adalah rencana yang akan direalisasikan pada periode satu tahun tertentu pada umumnya masih belum operasional. Rencana yang didasarkan pada rencana lima tahunan ini, masih memuat secara garis besar komponen-komponen kegiatannya, seperti kapan dan dimana kegiatan dilaksanakan, sumber dana, penanggung jawab, dan lain-lain. Sehingga rencana tahunan belum sepenuhnya dapat dijadikan pedoman untuk pelaksanaan setiap kegiatannya secara operasional. Agar program tahunan sekolah dapat dilaksanakan dengan lebih baik, maka diperlukan sebuah rencana yang lebih operasional dan spesifik yang disebut dengan rencana tindakan (action plan).

Selain untuk mengoperasionalkan program kerja tahunan sekolah, rencana tindakan juga dapat dibuat untuk melaksanakan kegiatan khusus yang belum tertuang dalam rencana kerja tahunan. Bila sekolah Anda tiba-tiba saja memperoleh dana block grant atau dana hibah lainnya, Anda perlu segera menyusun rencana tindakan untuk merealisasikan penggunaan dana hibah tersebut. Atau jika Anda sepulang dari Diklat ini terdorong untuk segera melakukan kegiatan-kegiatan dalam upaya peningkatan mutu dan kinerja sekolah, maka Anda juga harus menyusun rencana tindakan. Pendek kata, apa yang akan Anda lakukan, harus Anda rencanakan lebih dahulu, seperti dalam fungsi manajemen (PDCA) pertama adalah: planning.

Sebuah Rencana Tindakan setidaknya memuat komponen berikut ini :

  1. Sasaran (Objective)
  2. Kebijakan mengacu ke program kerja tahunan
  3. Program
  4. Kegiatan
  5. Tujuan Kegiatan
  6. Rincian Kegiatan
  7. indikator keberhasilan
  8. Penanggung jawab dan pelaksana kegiatan
  9. Waktu (kapan mulai dan kapan selesai) dan penjadwalan
  10. Sumberdaya (dapat berupa dana, SDM, fasilitas) dan rinciannya 
  11. Mekanisme umpan balik

Sebuah rencana tindakan akan memiliki tingkat keterbacaan yang lebih baik jika disusun secara deskriptif atau terurai. Namun demikian rencana tindakan dapat saja dibuat dalam bentuk format.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: